Adeena

Beragam Masalah Kulit Wajah

Beragam Masalah Kulit Wajah

Beragam Masalah Kulit Wajah – Masalah kulit sangat bervariasi dalam hal gejala dan tingkat keparahan mulai dari yang bersifat sementara atau permanen. Beberapa memiliki penyebab situasional, perubahan hormon, genetik, bahkan mengindikasikan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Jika masalah kulit tidak segera ditangani, bakal merusak kulit dalam jangka panjang. Untuk itu, sebagai wanita yang mengalami satu atau dua masalah kulit tidak perlu bersedih hati. Cari tahu penyebab sekaligus cara terbaik untuk mengatasinya. Berikut adalah Beragam Masalah Kulit Wajah yang dialami oleh wanita :

1. Jerawat

Masalah pada kulit wajah yang satu ini rasanya sudah umum, ya. Karena hampir semua orang pasti pernah merasakannya, terutama saat melewati pubertas dan datang bulan. Tapi sayangnya, jerawat bisa muncul kembali di usia 20-an hingga 30-an, lho. Faktor munculnya jerawat juga beragam, mulai dari gaya hidup, pola diet yang kurang tepat, salah menggunakan perawatan wajah, hingga genetik. Apabila masalah pada kulit wajah ini tidak segera ditindaklanjuti, maka jerawat bisa semakin meradang, menjalar ke bagian tubuh selain wajah, dan membekas.

Agar jerawat tidak semakin parah, mulai telusuri jenis kulitmu apa, perbaiki gaya hidup (pola dan asupan makan, olahraga, minum air putih cukup, dan tidur cukup), rutin membersihkan kulit wajah, dan menggunakan perawatan kulit wajah yang tepat. Nah, bagi teman – teman yang kulitnya acne-prone, bisa gunakan facial foam Perfect Whip Acne Care. Kandungan Kyoto Chamomile Extract-nya kaya antioksidan & anti-bakteri, yang mampu mencegah pertumbuhan jerawat, serta menjaga nutrisi kulitmu. Selain itu, facial foam ini fungal acne-safe dan kandungan Salicylic Acid, serta White Cocoon Essence juga ampuh membantumu terbebas dari masalah jerawat.

 2. Milia

Berbintik (seperti benjolan kecil), berwarna putih/sesuai warna kulit, kira-kira seperti itulah ciri-ciri dari milia. Perlu diketahui bahwa milia adalah kista berisi keratin yang terbentuk seperti benjolan putih atau kekuningan di bawah kulit. Biasanya masalah kulit pada wajah ini muncul di sekitara bawah mata, hidung dan dagu. Munculnya milia sendiri dipengaruhi beberapa faktor, seperti kulit mati yang menjalar dan terperangkap di pori-pori dekat permukaan kulit, penyumbatan saluran keringat, merokok, kurang tidur, kondisi kulit yang tidak dibersihkan dengan baik, hingga infeksi kulit. Apabila tidak segera dirawat dengan benar, milia dapat menyebar dan semakin banyak. Sehingga, dapat mengganggu penampilan wajah dan berpotensi semakin serius.

Nah, untuk mencegahnya kamu perlu memakai sunscreen, mengonsumsi makanan bergizi, pakai retinol (vitamin A di dalam retinol membantu mengeksfoliasi kulit & membantu regenerasi sel pada kulit), dan tentunya membersihkan wajah (dengan metode double cleansing).

3. Flek hitam

Masalah pada kulit wajah selanjutnya adalah flek hitam! Ya, flek hitam atau hiperpigmentasi adalah salah satu masalah di kulit wajah yang ditandai dengan munculnya bercak atau bintik-bintik berwarna gelap. Munculnya flek hitam ini tidak memandang usia, karena hal ini disebabkan penumpukan zat melanin pada kulit wajah. Zat melanin sendiri memang memiliki peran dalam membentuk warna pigmen kulit. Namun, produksi melanin yang berlebihan justru memunculkan bercak gelap pada kulit yang bisa mengganggu penampilan wajah, atau bahkan memunculkan masalah kulit wajah lainnya. Faktor yang membuat flek hitam muncul di wajah biasanya dikarenakan paparan sinar UV berlebih, penggunaan obat tertentu, atau penyakit bawaan, endokrin.

Untuk mencegah, atau menguranginya, kamu bisa mulai untuk membiasakan memakai sunscreen (di seluruh tubuh, khususnya wajah), rutin eksfoliasi, menggunakan perawatan kulit wajah yang bisa menghambat produksi melanin, dan rutin membersihkan wajah. 

4. Warna kulit tidak merata

Tidak hanya jerawat, milia, dan flek hitam, tetapi masalah kulit pada wajah yang juga tak kalah sering jadi permasalahan banyak orang adalah warna kulit tidak merata. Masalah ini mungkin terdengar sepele, tapi tak jarang menjadi faktor orang tidak percaya diri  juga, lho. Biasanya, warna kulit wajah tidak merata disebabkan oleh hormon, faktor usia, paparan sinar UV, hingga pemakaian produk kosmetik atau obat-obatan tertentu.

Tapi, tak usah khawatir ! Kamu bisa mengatasinya dengan rutin eksfoliasi setidaknya seminggu sekali, memakai sunscreen, memakai produk perawatan wajah yang mengandung retinol, vitamin C, dan bahan-bahan alami, seperti aloe vera, royal jelly, serta menggunakan perawatan medis lainnya bila perlu. Untuk mendukung perawatan kulit wajah yang tidak merata ini, kamu bisa pakai rangkaian produk Adeena Skincare, nih. Mulai dari Turmeric Gel Moisturizer, dan Turmeric Exfoliator and Mask. Dapatkan produk di website, Tokopedia, Shopee dan Blibli .

Beragam Masalah Kulit Wajah
Beragam Masalah Kulit Wajah

 5. Kerutan dan garis halus

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa kerutan dan garis halus adalah masalah pada kulit wajah yang berbeda. Garis halus adalah tanda-tanda awal dari pembentukan kerutan. Penyebab dari adanya garis halus pada wajah biasanya dari ekspresi wajah, seperti tersenyum, tertawa, mengerutkan alis, mengerutkan dahi, ekspresi wajah lainnya yang menciptakan lipatan di wajah, dan penambahan usia. Nah, ekspresi yang sering kita lakukan secara berulang inilah yang menyebabkan munculnya garis-garis halus dan seiring berjalannya waktu berujung menjadi kerutan. Selain dari faktor alami yang disebutkan, adapun penyebab lainnya, seperti kurangnya kelembapan pada kulit wajah, paparan sinar UV pada kulit wajah yang tidak dilindungi sunscreen, kurang olahraga, dan asupan air putih yang kurang. 

Agar masalah pada kulit wajah ini tidak menjadi permanen, hidrasi wajah secara teratur, menggunakan perawatan wajah yang mengandung antioksidan, collagen, dan bahan-bahan alami lainnya. Untuk melengkapinya, pastikan kamu juga membersihkan kulit wajah dengan double cleansing ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart