Adeena

Setelah Memakai Masker Wajah Sebaiknya

Setelah Memakai Masker Wajah Sebaiknya

Setelah Memakai Masker Wajah Sebaiknya – Masker wajah bisa membantu mengurangi kelebihan minyak, membuka penyumbatan pori, dan meredakan peradangan. Selain itu, manfaat masker wajah juga memberikan rasa relaks.

Agar manfaatnya bisa dirasakan, Anda harus tahu cara memakai masker wajah dengan benar. Bila digunakan dengan tepat, masker dapat merawat kulit sesuai jenis dan fungsinya. 

Meski penggunaannya cukup mudah, tapi tak banyak yang tahu cara menggunakan masker wajah yang benar. Lalu apa yang harus dilakukan setelah memakai masker wajah ? Ikuti cara pakai masker wajah berikut ini:

  1.  Jangan Lupa Mencuci Muka Sebelum Memakai Masker

Langkah sederhana ini sayangnya sering banget diabaikan dan dilewatkan. Padahal, sama seperti produk skincare pada umumnya, sebelum memakai masker wajah, sangat dianjurkan untuk mengawalinya dengan membersihkan wajah terlebih dahulu, sehingga sisa-sisa makeup, debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah terangkat.

Jika Anda memakai masker wajah padahal belum mencuci wajah, ini akan membuat penyerapan nutrisi yang ada pada masker menjadi kurang sempurna. Selain itu, malah berpotensi menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat serta masalah kulit wajah lain. Hi, Anda tentu tidak mau hal ini terjadi, kan? Jadi mulai perhatikan lagi cara yang benar memakai masker wajah agar hasilnya maksimal, ya.

  1. Memakai Masker Dengan Teratur

Mungkin banyak dari Anda yang menganggap semakin sering memakai masker maka akan semakin baik untuk kesehatan kulit wajah. Anggapan ini sangat keliru. Karena ternyata menggunakan face mask terlalu sering justru akan membuat kulit Anda jadi lebih kering dan iritasi karena masker akan menyerap kelembaban kulitmu.

  1. Gunakan Masker Sesuai Kebutuhan Kulit

Cara memakai masker wajah yang benar selanjutnya harus menyesuaikan kondisi kulit. Masker untuk kulit berjerawat akan berbeda kandungannya dengan tipe kulit kering, normal, atau sensitif.

Bagian ini penting supaya hasil akhir setelah memakai masker sesuai harapan. Salah satunya menggunakan masker khusus jerawat yang bisa membantu mengurangi kemerahan.

Baca juga : Berapa Kali Cuci Muka untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat ?

Tapi setelah menggunakan masker masih ada langkah-langkah yang harus kamu ikuti agar maskermu bekerja dengan lebih maksimal.

  1. Bilas sampai bersih

Khusus masker jenis sheet mask biasanya tidak dianjurkan dibilas lantaran cairan formula yang menempel akan menyerap sendiri. Setelah dilepas, cukup tepuk-tepuk halus bagian wajah sampai leher.

Namun untuk masker berjenis mud, clay, peel-off, serbuk, dan gel, sebaiknya dibilas sampai bersih. Bisa dengan waslap yang dibasahi air hangat atau diguyur air biasa.

Bersihkan sisa-sisa masker yang menempel sampai bersih. Jika tidak, residu masker bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan komedo.

  1. Gunakan Pelembab 

Selesai memakai masker jangan biarkan wajah begitu saja. Anda tetap perlu mengaplikasikan perawatan lanjutan seperti moisturizer atau serum.

Moisturizer dan serum ini berfungsi sebagai pelembap untuk menghidrasi kulit supaya tidak kering.

Gunakan pelembap khusus untuk dipakai malam hari. Biasanya tekstur pelembap ini tidak terlalu berat dan mudah meresap.

  1. Diamkan Wajah Selama beberapa menit

Setelah mengaplikasikannya, diamkan selama dua puluh menit. Khusus untuk masker yang akhir penggunaannya harus dibilas, gunakan air hangat dan gosok perlahan.

Untuk masker peel-off, lepaskan masker perlahan. Lanjutkan dengan toner, essence, serum, dan krim malam.

Itulah cara menggunakan masker wajah yang umum disarankan. Bila mengalami efek samping seperti perih, gatal, atau kemerahan, segera hentikan pemakaian dan konsultasi kepada dokter kulit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart