adeenaskin.com

Adeena

Skincare Perlu Masuk Kulkas ?

Skincare Perlu Masuk Kulkas ?

Skincare Perlu Masuk Kulkas ? – Tak jarang bila Anda mungkin merasa bingung apakah suatu produk skincare harus disimpan di kulkas atau di suhu ruangan?

Skincare Perlu Masuk Kulkas?

Untuk mengetahui cara menyimpan skincare yang benar, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Bagaimana cara menyimpan skincare yang benar? Apakah Skincare Perlu Masuk Kulkas ?

Setelah membeli sejumlah produk skincare, alangkah baiknya Anda memperhatikan cara penyimpanannya dengan tepat.

Jika tidak, hal ini dapat memengaruhi kandungan skincare yang terkandung di dalamnya.

Jangan sampai sudah mengeluarkan kocek cukup besar untuk membeli produk skincare berkualitas, tetapi manfaat yang didapat menjadi tidak maksimal akibat cara menyimpan skincare kurang tepat.

Nah, cara menyimpan skincare yang benar adalah sebagai berikut.

1. Simpan dalam kulkas

Salah satu cara menyimpan skincare yang benar adalah dalam kulkas atau lemari pendingin.

Produk skincare yang harus disimpan di kulkas adalah produk yang mengandung bahan alami atau tidak mengandung pengawet, alias organik.

Kandungan skincare bahan organik biasanya memiliki umur simpan yang sebentar dan kualitasnya rentan rusak.

Maka, dengan cara menyimpan skincare yang benar dalam kulkas dapat mencegah tumbuhnya jamur sekaligus memperpanjang usia simpan produk skincare Anda.

Serum vitamin C sebaiknya disimpan dalam kulkas 

Produk skincare yang harus disimpan di kulkas, antara lain produk yang mengandung vitamin C, vitamin A (retinoid), serta beberapa produk mengandung benzoil peroksida.

Produk mengandung vitamin C dan vitamin A cenderung sensitif terhadap paparan sinar matahari karena lebih mudah teroksidasi.

Jadi, untuk memastikan masa pakai produk skincare ini lebih lama dan efektif digunakan, penting untuk menyimpannya dalam kulkas.

Selain itu, produk skincare yang harus disimpan di kulkas lainnya adalah krim mata atau eye cream, masker wajah (sheet mask), dan facial spray atau facial mist.

Jika disimpan dalam kulkas, berbagai produk tersebut dapat memberikan efek lebih menenangkan dan menyegarkan saat digunakan pada wajah Anda.

Namun, pastikan Anda meletakkan produk skincare yang harus disimpan di kulkas pada rak tersendiri guna mencegah paparan kontaminasi bakteri dari makanan atau minuman, yang juga disimpan dalam kulkas

2. Simpan pada suhu ruang dan jauh dari paparan sinar matahari

Cara menyimpan skincare yang benar tidak harus selalu dalam lemari pendingin.

Ada beberapa produk skincare yang sebaiknya disimpan pada suhu ruang dan tidak kontak langsung dengan matahari, seperti di laci meja rias kamar tidur.

Misalnya, produk skincare yang berbahan dasar minyak, seperti serum wajah, serta sunscreen atau tabir surya, face oil, dan clay mask, sebaiknya disimpan dalam suhu ruang yang tidak kontak langsung dengan matahari.

Jika produk skincare tersebut disimpan di kulkas, maka bisa membuat konsistensinya berubah.

Itu artinya, kandungan air dan minyak yang terkandung di dalamnya menjadi terpisah.

Akibatnya, produk skincare jadi tidak efektif lagi bila digunakan pada wajah Anda.

Selain skincare, cara penyimpanan ini juga berlaku untuk produk make up, seperti concealer dan foundation cair, serta produk make up lainnya yang mengandung pengawet.

3. Jangan simpan di kamar mandi

Cara menyimpan skincare yang benar di kamar mandi mungkin sering kali dilakukan oleh beberapa orang. Apakah Anda salah satunya?

Faktanya, cara menyimpan skincare di kamar mandi bukan langkah yang tepat.

Pasalnya, kamar mandi adalah tempat yang lembap dan suhu ruangannya cenderung mudah berubah.

Lingkungan lembap inilah yang dapat menjadi tempat baik bagi bakteri untuk berkembang biak pada beberapa produk skincare yang Anda simpan.

Baca Juga : Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kulit Tidak Cocok dengan Skincare?

Alhasil, kondisi tersebut dapat memengaruhi kandungan bahan aktif serta keefektifannya.

Oleh karena itu, hindari menyimpan pelembap wajah dan tubuh, parfum, skincare berbahan dasar organik, produk scrub kandungan gula dan garam, serta produk kosmetik cair di kamar mandi.

4. Tidak lebih dari 3 bulan

Seorang dermatolog tersertifikasi di New York, Amerika Serikat, menganjurkan agar cara menyimpan skincare yang benar tidak lebih dari 3 bulan lamanya.

Menurutnya, penyimpanan produk skincare lebih dari 3 bulan, bahkan sampai bertahun-tahun lamanya, dapat meningkatkan risiko tumbuhnya bakteri dan mikroorganisme lain yang masuk melalui jari tangan saat Anda mengoleskannya ke wajah.

Untuk mencegah bakteri berkembang biak pada produk skincare, Anda disarankan untuk mengambil produk menggunakan jari tangan yang sudah bersih atau alat bantu berupa spatula.

Apa bahaya menggunakan produk skincare yang cara penyimpanannya salah?

Cara menyimpan skincare yang benar tentu dapat memaksimalkan kandungan bahan aktif di dalamnya bekerja dengan baik.

Dengan demikian, kulit wajah Anda akan tampak sehat dan cerah berseri-seri.

Namun, bila cara menyimpan skincare Anda selama ini salah, maka sudah pasti keefektifan kandungan bahan aktif dalam produk tersebut akan berkurang.

Hasilnya, kulit wajah Anda bisa memerah, iritasi, terasa gatal, bahkan berjerawat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart